Senin, 10 Oktober 2011

kejahatan di dalam angkutan umum


Kejahatan di dalam alat transportasi umum belakangan ini sangat meresahkan warga terutama kaum wanita. Mulai dari perampokan, jambret, copet ataupun perilaku asusila sudah banyak terjadi di dalam angkutan umum.
Belakangan ini kita digemparkan dengan kematian mahasiswi salah satu universitas swasta terkemuka di Jakarta yang telah diperkosa didalam angkutan umum lalu dibunuh. Dan dalam jangka waktu yang cukup singkat ada kasus pemerkosaan didalam angkutan D02 yang dilakukan oleh beberapa orang. Hal ini sangat membuat warga semakin resah.
Biasanya modus yang digunakan penjahat dalam beraksi antara lain dengan ber­pura-pura muntah dan naik angkot dengan cara ber­gerombol. Lalu berpura-pura sakit, me­­nawarkan jasa pijit, dan mem­per­lihatkan HP pelaku rusak. Inilah sebagian modus yang digunakan oleh para pelaku kejahatan.
Polisi pun sudah mengupayakan hal hal yang terbaik untuk menjegah terjadinya kejahatan di dalam angkutan umum. Diantaranya dengan menertibkan para supir angkutan umum serta melepas kaca film yang berada di angkutan umum.  
Saya akan memberikan beberapa tips untuk terhindar dari masalah kejahatan di dalam angkutan umum:
·         Gunakanlah pakaian yang tertutup serta tidak memakai perhiasan yang tidak terlalu mencolok
·         Lihatlah penumpang yang berada di dalam angkutan, apabila ada yang mencurigakan urungkanlah untuk naik.
·         Berusaha untuk tidak pergi sendiri, kalaupun terpaksa usahakan untuk tidak pulang malam, dan memberitahu keluarga dirumah.
·         Catatlah nomor kendaraan dan kenalilah identitas dari supir angkutan tersebut
·         Pilihlah angkutan yang memiliki penerangan yang cukup serta kaca transparent.
·         Duduklah sebisa mungkin dekat dengan pintu agar apabila terjadi hal hal yang tidak di inginkan kita bisa berteriak minta tolong ataupun kabur.
·         Apabila anda berada dalam kondisi bus yang sesak, anda harus berhati-hati karena banyak pelecehan seksual yang terjadi.
·         Hindari pula penumpang yang berpakaian rapid dan membawa tas besar karena ini pun menjadi modus utama dari pelaku.

Inilah tips dari saya mudah-mudahan berguna bagi kita khususnya kaum perempuan :) enjoy your life

Tidak ada komentar:

Posting Komentar