Minggu, 09 Oktober 2011

banjir






Mulai memasukinya musim penghujan, kota Jakarta semakin di sibukkan dengan berbagai masalah terutama banjir. Banjir sudah menjadi langganan masyarakat Jakarta ketika musim hujan tiba. Pemerintah pun  mulai sibuk mencari solusi untuk memecahkan masalah yang kerap timbul ini.
Banjir adalah bencana alam yang terjadi secara alami maupun oleh ulah manusia. Sekarang ini banjir sering terjadi disebabkan ulah manusia yang mulai tidak menghiraukan keseimbangan alam Banjir merupakan peristiwa tergenang dan terbenamnya daratan karena volume air yang meningkat. Banjir juga dapat terjadi karena peluapan air yang berlebihan di suatu tempat akibat curah hujan yang tinggi, peluapan air sungai, atau pecahnya bendungan sungai.
Penyebab banjir di Jakarta antara lain:
1.      Turunnya curah hujan yang cukup tinggi dalam waktu yang cukup panjang.
2.      Semakin berkurangnya lahan hijau karena pembangunan gedung-gedung bertingkat dan pembanguan pusat perbelanjaan.
3.      Semakin maraknya penebangan hutan liar.
4.      Di bangunnya rumah rumah di sepanjang bantaran sungai sehingga lebar sungai semakin lama semakin kecil.
5.      Kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan.

Banjir juga banyak mengakibatkan berbagai macam masalah antara lain:
1.      Timbulnya kemacetan akibat banjir
2.      Muncul berbagai macam penyakit kulit ataupun diare.
3.      Menimbulkan kerugian bagi masyarakat yang terkena banjir maupun pemerintah

Oleh karena itu kita sebagai warga DKI Jakarta turut serta membantu pemerintah DKI Jakarta untuk mengatasi masalah banjir. Walaupun kita tau bahwa pemerintah sudah mengupayakan secara optimal dengan membangun banjir kanal timur namun tanpa adanya kesadaran dalam diri kita usaha yang dilakukan pemerintah pun tak ada gunanya. Mulailah dengan membuang sampah pada tempatnya lalu mengadakan kerja bakti setiap 2 minggu sekali, serta tidak membangun rumah rumah liar di bantaran sungai agar aliran air sungai lancar. Proyek pendalaman sungai serta melestarikan hutan agar dapat menyerap air.

Dengan dilakukannya usaha usaha kecil seperti itu kita dapat mengurangi banjir yang konon kerap menghampiri Jakarta ketika musim hujan tiba. Serta membantu pemerintah dalam penyelesaian masalah banjir :) go green guys

Tidak ada komentar:

Posting Komentar