Senin, 03 Oktober 2011

fenomena Boyband

Kali ini saya akan membahas tentang "boyband" yang telah menjadi topik paling hangat di kalangan remaja pada saat sekarang ini.

Boyband memiliki dua pandangan tajam, di satu sisi banyak pendapat yang menyatakan mereka hanya bermodal wajah tampan tanpa kemampuan suara yang mumpuni, Namun disisi lain Boyband dinilai sangat kreatif  karena mampu memadukan vokal dan kreatifitas gerak dalam tarian yang memikat.

Istilah Boyband dalam dunia musik artinya kelompok musik pop atau R&B yang terdiri dari tiga personel atau  lebih . Semua personel boyband haruslah laki-laki muda . Selain bernyanyi anggota boyband juga harus bisa menari saat tampil di panggung.Mereka juga tidak memainkan alat musik sendiri.

Bentuk awal musik boy band terjadi di akhir abad 19 dengan menggunakan a-capella kuartet Barbershop . Mereka biasanya sekelompok laki-laki dan bernyanyi dalam empat bagian harmoni. Popularitas kuartet Barbershop telah menonjol ke bagian awal abad ke-20. Sebuah kebangkitan kelompok vokal laki-laki terjadi pada akhir 1940-an dan 1950-an dengan menggunakan Doo-wop musik. Wop Doo adalah pendahulu ke boy band sebelumnya dan mereka menyanyikan tentang topik seperti cinta dan tema lain yang digunakan dalam musik pop. Jejak awal boy band berada di pertengahan 1950-an dan boy band istilah tidak digunakan. The Ink Spots adalah salah satu boy band pertama. Boy band Istilah tidak didirikan sampai akhir 1980-an. Sebelum itu kali mereka disebut kelompok vokal laki-laki atau kelompok harmoni bernyanyi hep. 

Dan inilah beberapa boyband yang paling sukses:
  1. Backstreet boys
  2. New Kids On The Block
  3. The Jackson 5
  4. Take That
  5. NSYNC
  6. Boyz II Men
  7. The Osmonds
  8. New Edition
  9. Westlife
  10.  Boyzone

Sumber : hiburan.kompasiana.com/musik
 Wikipedia.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar