Jumat, 04 November 2011

prasarana transpotasi darat

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang berguna untuk melakukan kegiatan perdagangan, pencarian informasi, investasi, kesempatan kerja, layanan sosial, serta sebagai sarana penghubung antara provinsi provinsi yang berada dalam satu pulau, dll.
Jalan pertama yang dibangun di Indonesia adalah jalan yang menghubungkan antara Anyer dan Panurukan yang dibangun pada masa pemerintahan Belanda yang dipimpin oleh Daendels. Jalan ini sekarang dikenal dengan jalan pantai utara. Dalam proses pembangunan jalan ini banyak korban yang mati, karena paksaan atau yang dikenal dengan kerja rodi.
Zaman sekarang ini kondisi jalan di Indonesia sendiri masih cukup memprihatinkan, banyak daerah daerah yang masih terisolir karena tidak ada akses jalan ke daerah tersebut. Di kota- kota besar pun kondisi jalan pun kurang baik, banyak jalan yang rusak ataupun berlubang.
Hal ini sungguh menggangu perekonomian di Indonesia. Karena tidak semua daerah memiliki kemampuan ekonomi yang sama. Dan apabila suatu daerah yang cukup jauh dari perkotaan mengalami musibah, bahan pangan ataupun obat-obatan sulit sampai kesana karena masalah transpotasi yang tidak mendukung.  
          Sekarang pemerintah mulai memperbaiki keadaan jalan raya yang ada disekitar wilayah Jakarta. Namun kenapa harus di musim penghujan pemerintah melakukan perbaikan jalan?. Hal ini sungguh tidak efektif walaupun nantinya akan kita nikmati juga dperbaikan jalan ini. Dan jika mulai memasuki bulan ramadhan pemerintah juga melakukan perbaikan jalan di daerah jalan pantai utara maupun pantai selatan. Seharusnya pemerintah melakukkan hal hal tersebut diwaktu yang tepat agar tidak menggangu pengguna jalan yang cukup dibuat resah karena kemacetan.
          Pemerintah juga harus membuka akses jalan untuk daerah daerah yang masih terisolir. Apabila hal ini dilakukan maka pertumbuhan ekonomi di daerah daerah akan merata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar