Sabtu, 05 Mei 2012

Cerdaskan Bangsa Lewat Kampung Belajar

Liputan6.com, Bandung: Kesadaran untuk mencerdaskan bangsa justru dilakukan oleh orang biasa. Roni Tabroni mendirikan Kampung Belajar bagi anak-anak kampung yang mengalami putus sekolah di Kampung Bungur, Desa Mandala Sari, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Keprihatinan terhadap kondisi kampungnya membuat Roni tergerak mendirikan Kampung Belajar ini pada tahun 2008 lalu. Modalnya, hanya tekad dan dana seadanya. Warga kampung yang kebanyakan tamatan SD dan banyak yang tak selesai sekolah kini seolah seperti 'keranjingan' belajar dan membaca. 

Apa yang dilakukan Roni, bapak dua anak itu, kini menjadi inspirasi bagi kampung-kampung lain di sekitarnya. 

Kampung Belajar kini berkembang terus. Roni pun mendapat bantuan dari para relawan yang memang mencintai bangsa dan negeri ini. Anak-anak yang belajar di Kampung Belajar kini mempunyai rasa percaya diri yang tinggi untuk bersaing dengan sekolah umum. 

Meski Kampung Belajar terus berkembang, namun Roni tak tergiur untuk mengkomersialkan gaya pendidikan tersebut. Roni mengaku materi bukan yang utama, baginya keikhlasan mengajar dan pemberdayaan masyarakat di kampung lebih memikatnya. (Vin)


sumber : http://berita.liputan6.com/read/395720/roni-cerdaskan-rakyat-lewat-kampung-belajar


review: 
Rasa cinta tanah air tumbuh berdasarkan kesadaran dalam diri sendiri, dan rasa prihatin akan bangsanya. Dalam kenyataannya rasa cinta tanah air tumbuh dikalangan orang biasa dibanding kalangan orang besar. Mengapa hal ini terjadi? apa mungkin karena mereka tidak pernah tau akan kehidupan bangsanya atau mereka tau tapi menutup dari realita yang ada?. Sungguh menyedihkan apabila kita melihat kondisi bangsa yang masih ada penduduknya yang tuna aksara.
Bangsa yang maju adalah bangsa yang mengedepankan masalah penduduknya, terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan masyarakatnya. Kita sebagai anak bangsa yang beruntung, harus saling membantu satu sama lain dalam membentuk pribadi bangsa yang kuat. Dengan melakukan hal-hal kecil tapi suatu saat akan memberikan dampak yang cukup besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar