Minggu, 01 Januari 2012

Hemat Energi


Hemat Energi, Hemat Biaya

Mengurangi konsumsi energi masih merupakan prioritas terbesar bagi Indonesia. Kabar baiknya adalah banyak cara yang dapat ditempuh, misalnya “rumah hemat energi” dan ini benar-benar mudah untuk dilakukan.

Periksa Seal 

Kebocoran udara di sekitar jendela, pintu, kipas ventilasi, pipa AC dll, dapat memaksa sistem pemanas dan pendingin udara bekerja lebih keras, memboroskan lebih banyak energi. Pemeriksaan rumah secara berkala bisa dilakukan oleh teknisi profesional untuk menangani hal ini dan dapat mencegah kebocoran lebih luas.

Tanpa Tanki 

Pemanas air standar menyimpan air panas dalam tangki. Jika air tidak digunakan, hanya diam di sana dan akhirnya suhu air turun kembali, sistem alat akan secara otomatis menghangatkan lagi air tersebut. Pemborosan energi ini tidak akan terjadi jika dilakukan pengurangan penggunaan tangki pada pemanas air. Unit yang jadi satu kesatuan ini membuat air panas sesuai permintaan dan hampir terus berkelanjutan tanpa henti.

Pemasangan Tirai 

Anda dapat meningkatkan kapasitas pelindungan pada jendela dengan perawatan yang tepat. Beberapa tirai dirancang sebagai penghalang panas, tetapi Anda juga dapat menambahkan lapisan isolasi, seperti lapisan bulu-bulu halus dan pendek pada permukaan kain, untuk tirai standar. Idenya adalah menjaga udara dingin lebih banyak di dekat jendela daripada panas yang masuk pada ruangan. Menambah lapisan tirai juga dapat memberikan tambahan lapisan isolasi.


Penggunaan Jenis Lampu yang Tepat

Compact fluorescent lamps (CFLs) telah banyak dipublikasikan dalam satu tahun terakhir, dan untuk alasan yang baik. Mereka benar-benar telah menghemat banyak energi dibanding  lampu pijar biasa.


Ganti Filter Lama
Ini adalah salah satu cara termudah. Filter yang digunakan pada sistem pemanasan dan pendingin udara tidak mahal dan mudah untuk diganti. Filter semakin bersih semakin efisien sistem beroperasi.

Double Glaze Window
Double Glaze Window
Ganti Jendela Rumah Anda

Jika Anda menempatkan jendela dengan hanya satu lembar kaca dan langsung menyentuh udara luar, Anda harus menggantinya. Jenis jendela kaca ganda (Double-glazed windows) memiliki keunggulan pada lapisan emisivitas rendah.
Jendela ini menahan panas namun berfungsi pula untuk mengurangi kehilangan panas pada cuaca dingin dan ini tergantung kondisi wilayah negara masing-masing, jadi kaca jendela jenis ini berfungsi mengantar atau menangkal panas matahari.
Jika Anda memiliki jendela kaca ganda dan Anda melihat kondensasi antara kedua kaca tersebut, itu berarti segel telah rusak dan Anda harus mengganti jendela itu.

Kontrol dengan Timer 

Ketika Anda berangkat kerja di pagi hari, pernahkah lupa untuk mematikan AC atau lampu? Gunakan timer secara otomatis, alat ini dapat memecahkan masalah Anda.
Atur waktu yang sesuai dengan kondisi Anda, misalnya dapat diprogram untuk setiap hari atau membedakan pengaturan berbeda antara hari-hari kerja dengan akhir pekan.

Upgrade
Menjalankan alat-alat yang umurnya sudah tua (sesuatu yang lebih dari 10 tahun) akan menggunakan energi yang berlebihan dan akibatnya biaya membengkak, jika dibanding mengoperasikan jenis model sekarang. Ketika menggunakan alat-alat baru, membuat banyak pekerjaan rumah dapat lebih memaksimalkan penghematan energi. 

sumber: http://erabaru.net/kehidupan/41-cermin-kehidupan/17925-cara-sederhana-hemat-energi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar